Baksos, Wahana Eksplorasi Santri Bersama Masyarakat

Belajar bermasyarakat adalah satu hal penting bagi seorang santri. Dengan belajar bermasyarakat seorang santri akan tahu persis bagaimana sistem nilai yang berlaku di masyarakat, tradisi, keadaan dan semua hal yang melingkupinya. Keadaan atas semua hal yang ada di masyarakat ini pada saatnya nanti akan juga dihadapi oleh santri, sehingga mulai sejak dini insting bermasyarakat pun perlu dilatih. Latihan akan membuat santri menjadi terampil, mudah bergaul  dan membaur bersama masyarakat.  Pada akhirnya keberadaan santri akan jauh lebih bermanfaat bagi lingkungannya, karena ilmu yang dimilikinya tak hanya bermanfaat untuk dirinya, melainkan juga untuk sekitarnya. Ia akan lebih mudah mengadakan perubahan jika memang satu saat diperlukan, karena ia sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat itu sendiri.

Selaras dengan program yang dimiliki OPMI, Koordinator dan DAK yang memiliki proker bakti sosial, salah satu organisasi kecil yang berada di bawah bimbingan Kesiswaan, KIS (Komunitas Ilmiah Santri) juga memiliki program yang sama. Sudah empat tahun berturut semua anggota Komunitas Ilmiah Santri mengadakan baksos, mulai dari Desa Gajah, Desa Jenangan, dan dua kali di Desa Karang Patihan. Dalam kegiatan baksos ini santri yang tergabung dalam KIS belajar bermasyarakat. Mereka dalam baksosnya yang waktunya sangat singkat (3 hari 2 malam) menyelesaikan beberapa program seperti  bimbingan membaca al-qur’an,  kebersihan lingkungan, sosialisasi kesehatan, perlombaan, kunjungan ilmiah dan juga pengajian bagi warga setempat.

Uniknya pada bakti sosial pada kali keempat tahun ini, Lurah Karang Patihan menyampaikan rasa terima kasihnya yang mendalam atas kehadirannya dalam frame Bakti Sosial. Yang mengejutkan, pada sambutannya saat pengajian umum bagi warga setempat, Lurah tersebut menyampaikan bahwa mereka siap menyediakan lahan untuk cabang Pondok Pesantren Al-Islam Joresan. Itu jika Pondok Pesantren Al-Islam Joresan menghendaki membuka cabang di sana. Satu peluang dakwah yang perlu dipikirkan untuk pengembangan Pondok Pesantren Al-Islam Joresan.

Meskipun kegiatan ini sudah beberapa bulan yang lalu, tak salahnya kami posting di sini.

#Justremember.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *