Kumpul Di Bawah Pohon Sawo, Sejuknya !

Biasanya kalau kita mau ujian, pasti ada kumpul bagi seluruh santri. Beberapa pengumuman dan arahan disampaikan pimpinan dan panitia ujian agar ujian berlangsung sesuai dengan yang diharapkan.
Tak terkecuali tahun ini.
Pimpinan pondok, yang saat itu disampaikan oleh Wadir, Ustadz Achmat Slamet, beliau menyampaikan kepada seluruh santri untuk mempersiapkan diri demi menghadapi ujian akhir semester pertama. Beliau menyampaikan agar anak-anak belajar dengan sungguh-sungguh, dan yang terpenting saat ujian haruslah bersikap jujur. Karena sesungguhnya kejujuran itu tidak bisa dibangun secara instan, melainkan dengan sebuah proses yang cukup panjang. Salah satunya adalah dengan melaksanakan ujian dengan penuh tanggungjawab dan kejujuran. Jangan sampai karena mengejar nilai, kemudian mengabaikan kejujuran. Pendidikan adalah sebuah proses yang harus dijalani. Hasil memang penting, namun proses adalah yang jauh lebih penting.
Sambutan ini kemudian dirangkai dengan pengarahan oleh panitia Ujian, seperti proses pelaksaan, waktu, dan administrasi yang semestinya dipenuhi sebelum ujian dilaksanakan.
Pemandangan kumpul di bawah pohon sawo ini sebenarnya sudah menjadi tradisi sejak dulu. Bukan masalah mewahnya, namun kesan yang begitu mendalam justru terasa dengan udara sejuk yang mengalir yang itu. Ah, mungkin ini cuma sekedar pendapat (admin) ya. Namun, ini juga keunikan almamater kita. Sangat mengena, sangat membumi dan memberikan kesan yang luar biasa. Tentunya, kesan ini tak hanya bagi santri yang masih sekolah, namun juga bagi para Alumni yang bahkan bertahun-tahun yang lalu sudah lulus.
Mungkin anda juga masih ingat saat itu ya? 😀
BACA JUGA  Kursus Mahir Dasar (KMD) Sebagai Latihan Pembentukan Karakter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*