Latihan Konsulatan, Media Ukhuwwah Yang Tak Terlupakan

Joresan, alislamjoresan.sch.id. Bagi alumni Pondok Pesantren Al-Islam Joresan, latihan konsulatan adalah kenangan indah yang senantiasa bersemayan di hatinya. Bagaimana tidak? Meskipun berpeluh di bawah terik matahari, bertahan dengan rasa pegal di kaki, dan membiasakan diri mengikuti instruksi pemimpin baris, namun tetap saja, semua aktifitas itu sekarang terasa asyik dan menggelikan. Apalagi jika sengaja dibayangkan atau melihat sendiri langsung aktifitas itu sekarang. Tak ayal lagi, akan terukir senyum di bibir dan kenangan indah di hati.

Hari ini, rabu, 3 Agustus 2016, seluruh santri Pondok Pesantren Al-Islam Joresan mengikuti latihan baris berbaris. Seringnya para santri Pondok Pesantren Al-Islam Joresan tidak menyebutnya dengan latihan baris berbaris namun dengan “konsulatan”. Barangkali istilah itu diidentikkan dengan kegiatan baris berbaris dengan konsulat masing-masing. Yang berasal dari sumatera, maka ia harus berkumpul dan latihan bersama dengan seluruh santri yang berasal dari sumatera. Yang berasal dari Jawa Tengah, ia harus latihan bersama dengan santri satu konsul. Begitu seterusnya. Tak peduli ia kelas berapa, asal dia bukan kelas satu dan satu intensif, maka dia wajib ikut latihan baris berbaris bersama konsulatnya. Untuk kelas satu, mereka akan latihan baris berbaris bersama santri kelas satu lainnya. Pokoknya, santri yang baru akan dikelompokkan sendiri. Lain halnya dengan kelas VI, yang rata-rata menjadi pengurus organisasi santri, mereka tidak ikut latihan baris berbaris namun membantu mengatur agar pelaksanaan latihan baris berbaris di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan berlangsung baik dan tertib. Tentu saja, meski pelaksananya santri kelas VI, namun bimbingan dan arahan langsung dari Asatidz selalu ada.

Latihan baris berbaris di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan ini, akan berakhir pada satu momen dan agenda penting, Pekan Perkenalan. Sebelum Pekan Perkenalan dilaksanakan, ada Upacara Apel Tahunan. Seluruh santri mengikuti lomba baris berbaris antar konsul. Kerapian, kekompakan dan keserasian dalam baris berbaris ini akan dinilai dan diseleski konsul mana yang baris berbarisnya paling baik. Konsul yang paling baik baris berbarisnya akan mendapatkan perhargaan dari Pondok Pesantren Al-Islam Joresan yang hadiahnya akan diserahkan pada saat Pekan Perkenalan berlangsung.

Dengan adanya latihan baris berbaris satu konsul dan lomba antar konsul ini, santri Pondok Pesantren Al-Islam Joresan diharapkan bisa lebih mengenal dan mengerti satu sama lain. Mengerti dengan keragaman mereka. Mengerti dengan teman-teman. Sehingga pada akhirnya terjalin tali silaturahmi yang kuat satu dengan yang lainnya. Barangkali momen kebersamaan dalam latihan, baik senang maupun susah inilah yang membuat latihan konsultan seringkali tak terlupakan bagi santri meski sudah lama lulus dari Pondok Pesantren Al-Islam Joresan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*