Mengenal Lebih Dekat Perpustakaan Al-Islam Joresan

Pada  kesempatan ini, website alislamjoresan.sch.id akan mengenalkan bagaimana perpustakaan Al-Islam Joresan kepada seluruh keluarga besar pondok pesantren “Al-Islam” Joresan. Mengapa? Bukan karena alasan besar atau sesuatu yang teramat penting sehingga kami mempubliskasikan dengan topik  perpustakaan Al-Islam Joresan. Kami menyadari bahwa keberadaan perpustakaan yang sebenarnya juga menjadi bagian penting dalam sebuah lembaga pendidikan. Perpustakaan juga sebagai tempat yang memberi berbagai informasi. Perpustakaan juga memiliki peran dalam menunjang program pendidikan pada umumnya sesuai kurikulum yang berlaku serta  mengembangkan kemampuan siswa dalam memanfaatkan sumber informasi tercetak. Karena alasan inilah kami berpikir untuk kemudian menulis topik ini.

Saat ini Perpustakaan Al-Islam Joresan dikepalai oleh Ustadz Jemani, yang juga salah seorang staf PERPUSDA (perpustakaan daerah) Ponorogo.  Dengan dibantu beberapa staf lain, seperti ustadz Muhajir dan Ustadz Nur Wahid, mereka dengan sabar melayani hampir dua ribu santri dalam peminjaman dan pengembalian buku, baik itu buku umum maupun buku pelajaran. Belum lagi jika awal tahun semacam ini, banyak sekali yang harus mereka siapkan, seperti menangani pengembalian buku MTs, SMK, dan Aliyah, menyiapkan buku peminjaman, melayani buku umum, wakaf buku, menata buku-buku pelajaran dan lainnya. Akfitas luar biasa untuk para staf ini, namun demikian mereka tetap semangat dan antusias menjalaninya. Semoga mereka diberikan keistiqomahan dalam beribadah kepada Allah swt. Amiin.

Setiap tahun Perpustakaan Al-Islam Joresan senantiasa menambah koleksi bukunya. Dari mana? Buku-buku baru tambahan ini berasal dari santri kelas VI yang sudah lulus. Mereka diwajibkan untuk mewakafkan sebuah buku sebagai syarat pengambilan ijazah. Mengapa demikian? Salah satu alasannya adalah sebagai wujud rasa syukur kepada pondok. Selain itu, diharapkan ada ikatan batiniah antara alumni dengan almamater. Dengan adanya wakaf buku  tadi, anak kelas VI diharapkan bertambah kepeduliannya kepada adik-adik kelasnya. Sehingga setiap tahunnya, kurang lebih ada 250 buku baru bertambah di Perpustakaan Al-Islam Joresan. Atau jika system wakafnya perkelas (untuk jenis buku/kitab yang ditentukan Perpustakaan Al-Islam Joresan) maka ada sekitar 15-20 kitab populer bertambah pertahunnya.

Untuk saat ini, jumlah koleksi yang ada di Perpustakaan Al-Islam Joresan sudah mencapai enam ribu lebih koleksi buku, termasuk kitab, ensiklopedi, tafsir, tutorial, kamus berbagai bahasa asing, ensiklopedi agama, kamus bahasa Indonesia dan bahasa Jawa, buku-buku Psikologi, ilmu pendidikan, ilmu pengetahuan umum dan lainnya. Dengan keterbatasan tempat yang ada, hanya beberapa ratus judul yang bisa dipinjamkan kepada santri. Sebagian masih disimpan.

Berikut ini adalah sebagian kecil jenis kitab dan buku yang ada di Perpustakaan Al-Islam Joresan;

  1. Tafsir al-Misbah
  2. Eksiklopedi Terjemah Hadits Lengkap 9 Imam Hadits
  3. Fathul Bari
  4. Majmu’ Fatawa
  5. Taisir Musthalah al-Hadits
  6. Tafsir al-Qur’an lengkap dari Kementerian Agama RI
  7. Ensiklopedi Islam Lengkap
  8. Ensklopedi Sejarah Islam
  9. Ihya Ulumiddin
  10. Kamus al-Munawwir (Arab-Indonesia/ Indonesi-Arab)
  11. Kamus al-Munjid
  12. Puluhan kitab lain, ratusan buku bacaan umum, novel dan lainnya

Namun sayangnya, puluhan deret kitab yang ada masih jarang “disentuh”, walaupun sebenarnya justru dari deretan kitab induk inilah ilmu-ilmu sekarang ditulis.

Beberapa terobosan yang masih diproses untuk diuji cobakan adalah penggunana kartu anggota dan peminjaman serta pengembalian dengan barcode. Ini diharapkan akan membantu staff Perpustakaan Al-Islam Joresan untuk melayani dengan lebih cepat dan baik. Diujicobakan pula pencarian koleksi buku menggunakan OPAC. Namun demikian, kesemuanya masih terkendala tehnis, sehingga penggunaan alat-alat ini belum maksimal.

Demikian, walau catatan ini tidak lengkap, semoga setidaknya mengingatkan kita pada Perpustakaan Al-Islam Joresan, yang terkadang terlupakan dari pikiran kita, namun memiliki peran yang tak kalah besarnya dalam perkembangan sisi keilmuan santri-santri Al-Islam Joresan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*