Puncak Final MTQ Dan Lomba Pidato 2016/2017

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Pondok Pesantren Al-Islam Joresan sejak kemarin, rabu, 28 Desember 2016 sudah mulai menggelar agenda tahunan, MTQ dan lomba Pidato. Acara ini diagendakan berakhir pada tanggal 5 Januari 2017 yang merupakan final dari lomba tersebut. Sedangkan perincian acara lomba MTQ tersebut adalah tanggal 28-29 Desember 2016 untuk lomba komisi dan tanggal 2-5 Januari 2017 untuk finalnya. Jadi yang mau silaturahim ke Pondok sembari melihat berlangsungnya perlombaan, masih ada waktu. :D.

Tahun ini panitia berinovasi dalam formasi komisi, yang merupakan ajang untuk menentukan peserta yang layak masuk ke final dengan penambahan jumlah komisi. Tahun ini ada sekitar 19 komisi yang terbagi dua hari. Sepuluh komisi hari pertama dan sisanya pada hari kedua. Sedangkan untuk tempat-tempatnya antara lain, Gedung Ibnu Hajar L. II, Gedung al-Hisyam L. II, Pendopo Asrama Putra, Musholla al-Marosyid, Gedung al-Faroby, Masjid Khadijah binti Khuwailid, dll. Dengan ini, diharapkan kualitas dari perlombaan ini bisa ditingkatkan dan semakin meningkat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Amiin.

Oh ya, untuk tempat final MTQ dan lomba Pidato ini digelar di lapangan Gedung al-Hisyam, kantor PP al-Islam Joresan ke selatan.

Sesuai dengan judulnya, even ini merupakan ajang santri untuk mengasah kemampuannya dalam berpidato, baik itu dalam bahasa Arab, bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan bahasa Jawa tentunya serta qiroah. Setiap kelas mulai dari kelas satu sampai kelas lima wajib ikut serta menyukseskan acara ini dengan mengirimkan delegasinya untuk setiap cabang lomba yang sudah ditentukan.

Namun, lagi-lagi yang tidak mengirimkan delegasinya atau diberi tugas untuk ikut lomba tapi tidak mau ada sanksi yang harus diterima. Apa sanksinya? satu sak semen. Yah, bukan masalah satu sak semennya, tapi pembelajaran bahwa di Pondok Pesantren Al-Islam, setiap santri harus siap diarahkan, dibimbing, diajar, sesuai dengan motto yang ada, “siap dipimpin dan sanggup memimpin”. Tak ada alasan untuk menolak. Jika menolak, jika menolak berarti siap menjalani konsekuensinya.

Mari sempatkan diri ke Pondok melihat situasinya secara langsung ! Acara ini juga dimeriahkan dengan digelarnya Bazar bagi santriwan-santriwati oleh Komunitas Ilmiah Santri (KIS) 2016. Produk yang ditawarkan diantaranya buku, makanan kecil, alat sekolah, asesoris dan Taman Baca. Namun untuk Bazarnya mulai dilaksanakan hari Senin, tanggal 2 Januari 2017, awal final acara ini ya.  😀

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *