Upacara Dirgahayu Republik Indonesia 74 di PP. Al-Islam

Joresan – Dirgahayu Republik Indonesia 74. Sejatinya perjuangan para pahlawan memang begitu luar biasa. Tak terbayangkan perjuangan mereka dalam memperebutkan kemerdekaan dari tangan penjajah. Karenanya, mengenang perjuangan dan mensyukuri nikmat kemerdekaan adalah bagian penting yang senantiasa mesti dijaga. 

Berdasarkan pengertian dari Direktorat Pembinaan Kesiswaan, Dikdasmen Dikbud 1998 upacara bendera adalah “Kegiatan pengibaran atau penurunan bendera kebangsaan RI Sang Merah Putih, yang dilaksanakan pada saat-saat tertentu atau saat yang telah ditentukan, dihadiri oleh siswa, diselenggarakan secara tertib dan khidmat, di sekolah.”

Selain sebagai refleksi diri, upacara juga menjadi bagian untuk melatih kedisiplinan, menumbuhkan cinta tanah air dan nasiolisme, juga untuk menekankan kepada santri akan nikmat kemerdekaan yang hendaknya disyukuri. Karena, pada momen seperti ini, upacara-upacara seperti rutin dan wajib dilaksanakan.

Hari ini, tepat 17 Agustus 2019, seluruh santri dengan asatidz di Lapangan baru menggelar upacara. Ikut memperingati Dirgahayu Republik Indonesia 74. Semoga dengan ini, santri akan mendapatkan manfaat seperti terbiasa disiplin, tumbuh jiwa kepemimpinan, terbiasa berpenampilan rapi, meningkatnya kekompakan dan kebersamaan, dan tumbuhnya jiwa nasionalisme. Meski di gelar di Lapangan yang sangat sederhana, upacara berlangsung khidmat.

Semoga darinya, rasa cinta tanah air akan semakin tumbuh dan berkembang, mengilhami santri-santri untuk bisa berkreasi dan memberikan yang terbaik untuk negeri ini. Amiiin. Dirgahayu Republik Indonesia 74.

 

BACA JUGA  Semangat Ibtida' Khutbatul 'Arsy

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*