Keberkahan Al Islam Joresan Yang Hingga Kini Masih Dirasakan

Muhammad Ilham, Ketua GP Anshor Ponorogo, adalah salah satu alumni Pondok Pesantren Al Islam Joresan yang merasakan keberkahan dari para Kyai dan Asatid yang telah memberikan ilmu kepadanya. Menurut Ilham, Pondok Pesantren Al Islam Joresan merupakan kawah candradimuka yang penuh dengan keberkahan, dan keikhlasan para Kyai dan Asatid dalam menyemai ilmu menjadi faktor penting yang membuat mereka merasakan keberkahan itu secara proporsional.

Ilham mengungkapkan bahwa, “Al Islam adalah Kawah candradimuka yang penuh dengan keberkahan para Kyai dan Asatid, keikhlasan beliau-beliau dalam menyemai ilmu menjadikan kami merasakan betul keberkahan itu, tentu secara proporsional, artinya seluruh ilmu yang disemai kepada kami, menemukan kesesuaian dalam mengabdi di masyarakat, dan seluruhnya punya kesempatan yang sama, baik yang dulu secara akademik berprestasi ataupun tidak, semuanya kebagian berkahnya.”

Pondok Pesantren Al Islam Joresan, seperti pesantren pada umumnya, adalah lembaga pendidikan yang menitikberatkan pada pengajaran ilmu agama Islam. Namun, ilmu agama tidak hanya sebatas tentang menghafal ayat-ayat Al-Quran, tetapi juga memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, para Kyai dan Asatid di Pondok Pesantren Al Islam Joresan memberikan pengajaran yang holistik dan integratif, yang mencakup aspek akademik dan aspek sosial.

Menurut Ilham, keberkahan yang dirasakan oleh alumni Pondok Pesantren Al Islam Joresan bukan hanya terkait dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari di pesantren, tetapi juga dengan sikap dan karakter yang mereka bangun selama di pesantren. Para Kyai dan Asatid tidak hanya mengajarkan ilmu agama, tetapi juga memberikan contoh dan teladan dalam berakhlak mulia, seperti jujur, amanah, dan berbakti kepada orang tua.

Dalam konteks keberkahan yang dirasakan oleh alumni Pondok Pesantren Al Islam Joresan, Ilham menekankan bahwa semua ilmu yang disemai kepada mereka menemukan kesesuaian dalam mengabdi di masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan di Pondok Pesantren Al Islam Joresan bukan hanya bertujuan untuk mencetak akademisi atau sarjana yang pandai dalam bidang tertentu, tetapi juga untuk mencetak insan yang mampu mengabdi dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA  Wow! Kilas Peran Alumni dan Asatidz Pada PSB Hari Pertama

Selain itu, Ilham juga menekankan bahwa seluruh alumni Pondok Pesantren Al Islam Joresan memiliki kesempatan yang sama, baik yang dulu secara akademik berprestasi ataupun tidak. Hal ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Al Islam Joresan adalah lembaga pendidikan yang inklusif, yang tidak hanya menerima siswa yang pandai atau berprestasi, tetapi juga siswa yang membutuhkan bantuan dan dukungan.

Keberkahan yang dirasakan oleh alumni Pondok Pesantren Al Islam Joresan, seperti yang diungkapkan oleh Muhammad Ilham, menunjukkan bahwa pendidikan di Pondok Pesantren Al Islam Joresan tidak hanya fokus pada pengajaran ilmu agama, tetapi juga pada pembentukan karakter dan sikap yang positif. Selain itu, Pondok Pesantren Al Islam Joresan juga merupakan lembaga pendidikan yang inklusif, yang memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswanya. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Al Islam Joresan dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya dalam mengembangkan pendidikan yang holistik, integratif, dan inklusif.

muhammad ilham alumni al-islam ketua gp anshor ponorogo

Pendidikan yang holistik, integratif, dan inklusif dapat membentuk insan yang tidak hanya pandai dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki sikap dan karakter yang baik. Dalam konteks globalisasi dan persaingan yang semakin ketat, pendidikan seperti ini sangat diperlukan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Peran para Kyai dan Asatid di pondok pesantren sangatlah penting dalam memberikan pendidikan yang holistik, integratif, dan inklusif. Para Kyai dan Asatid tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai teladan dan pembimbing spiritual bagi siswa. Oleh karena itu, peran para Kyai dan Asatid perlu diapresiasi dan didukung untuk memperkuat pendidikan di pondok pesantren.

Dan jika saat ini salah satu dari Anda sedang mencari solusi lembaga pendidikan dengan penerapan pendidikan yang holistik, integratif dan inklusif, maka salah satu solusi dan pilihan tepat dalam memilih lembaga pendidikan yang insya Allah tepat adalah Pondok Pesantren Al-Islam Joresan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*