Pembuatan Teleskop Rukyatul Hilal, Program P5P2RA MA Al-Islam Joresan

Pembuatan Teleskop P52RA
Pembuatan Teleskop Rukyatul Hilal, Program P5P2RA MA Al-Islam Joresan dalam rangka Harlah PONDOK PESANTREN AL-ISLAM JORESAN Ke-58
Berkaitan dengan adanya Program P5P2RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) di MA Al-Islam Joresan Tahun Ajaran 2023/2024 pada kurikulum Merdeka dengan proyek pembuatan Teleskop Rukyatul Hilal yang dilaksanakan pada hari Ahad dan Selasa, 5-7 Mei 2024.
Berkolaborasi dengan Balai Rukyat Ibnu Syatir Pondok Pesantren Al-Islam Joresan kegiatan P5P2RA yang dilaksanakan di depan Gedung Al Hisyam 300 siswa kelas X (Kelas IV) mengikuti kegiatan tersebut.
Ilmu Falak merupakan mata pelajaran unggulan di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan, sehingga perlu dimaksimalkan dalam proses pembelajaran serta daya dukung yang ada. Sehingga diperlukan alat peraga dan alat pembelajaran yang kompeten dengan ilmu tersebut. Maka untuk mewujudkan keinginan tersebut untuk P5P2RA tahun ini adalah dengan membuat Teleskop Rukyatul Hilal yang sederhana dan murah dari sekitar kita, dalam pembuatan Teleskop Rukyatul Hilal tersebut dipandu langsung oleh Doktor Ahmad Junaidi selaku ketua team Balai Rukyat Ibnu Syatir.
Dengan adanya kegiatan P5P2RA di Pondok Pesantren Al-Islam tahun ini diharapkan bukan sekedar penguatan profil pelajar Pancasila, tapi juga pelajar yang rohmatan Lil Alamin. Karena dengan produk tersebut mampu menunjang kemajuan ilmu Falak dan menjadi rujukan hisab rukyat di Nusantara. Karena sudah semakin banyak alat yang dimiliki.
Dr. Ahmad Junaidi menyampaikan, banyak orang berpikir untuk dapat menjadi ahli Falak harus memiliki sebuah teleskop sebagai “mata” kedua yang digunakan untuk “berpatroli” langit. Tetapi untuk bisa mendapatkan teleskop di Indonesia cukup mahal, sehingga perlu dikembangkan pembuatan teleskop refraktor. Untuk bisa membuat sebuah teleskop refraktor, bisa dikatakan gampang–gampang susah karena tidak mudah bagi kita untuk mendapatkan lensa dengan kualitas yang baik dan bagus, serta focus yang panjang. Tapi semua itu bukanlah masalah yang membuat kita mundur dan berhenti mencoba.
Setelah selesai pembuatan Teleskop Rukyatul Hilal di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan dalam program P5P2RA, hasil produk tersebut akan di Launching Teleskop Rukyatul Hilal hasil karya siswa Al-Islam dalam peringatan Harlah Pondok Pesantren Al-Islam Ke 58.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*