Asal Skill dan Etos Kerja Melalui Praktek Kerja Industri

ASAH SKILL DAN ETOS KERJA SMK AL-ISLAM JORESAN

SMK Al-Islam merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Islam Joresan. Sekolah ini memiliki jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) yang bertujuan untuk mempersiapkan santri memiliki skill yang siap pakai di dunia kerja.

Dalam rangka memberikan pengalaman nyata di dunia kerja kepada para siswa, SMK Al-Islam mewajibkan setiap santri kelas 5 untuk mengikuti kegiatan prakerin atau praktek kerja industri. Kegiatan prakerin ini meliputi beberapa hal, seperti observasi lingkungan kerja, praktikum teknis, mengikuti proyek, menerapkan solusi, memantau dan memelihara sistem, serta presentasi proyek.

Kegiatan prakerin ini sangat penting bagi para santri karena memberikan pengalaman nyata di dunia kerja. Dalam observasi lingkungan kerja, para santri dapat melihat langsung bagaimana lingkungan kerja di perusahaan dan bagaimana karyawan di perusahaan tersebut bekerja. Dalam praktikum teknis, para santri dapat mengasah kemampuan teknis yang mereka miliki dan mengaplikasikannya di dunia kerja. Dalam mengikuti proyek, para santri dapat belajar bagaimana cara mengatasi masalah yang timbul selama pengerjaan proyek dan bagaimana cara mengelola waktu secara efektif.

Selain itu, para santri juga dapat menerapkan solusi yang mereka temukan dalam kegiatan prakerin tersebut. Dalam memantau dan memelihara sistem, para santri belajar tentang pemeliharaan sistem dan bagaimana cara memperbaiki masalah yang terjadi. Terakhir, dalam presentasi proyek, para santri dapat belajar bagaimana cara menyajikan hasil kerja mereka secara efektif dan persuasif.

Dengan mengikuti kegiatan prakerin tersebut, para santri SMK Al-Islam diharapkan memiliki keterampilan yang siap pakai ketika mereka lulus dan memasuki dunia kerja. Mereka juga diharapkan dapat menjadi karyawan yang memiliki etos kerja yang baik dan mampu bekerja sama dalam tim.

BACA JUGA  Dorong Motivasi Dengan Beasiswa Bagi Santri SMK Berprestasi

Dengan demikian, kegiatan prakerin yang dilakukan oleh SMK Al-Islam merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para santri. Kegiatan ini membantu para santri untuk mempersiapkan diri secara maksimal sebelum memasuki dunia kerja. Dengan memiliki pengalaman nyata di dunia kerja, para santri diharapkan dapat mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan dan menjadi karyawan yang berkompeten di bidangnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*