Mengokohkan Peran Pondok Pesantren Al-Islam Joresan dalam Pembangunan Karakter Religius dan Sosial

Mengokohkan Peran Pondok Pesantren Al-Islam Joresan dalam Pembangunan Karakter Religius dan Sosial

Joresan – Pondok Pesantren Al-Islam Joresan terus membuktikan eksistensinya dalam penanaman nilai karakter, khususnya dalam hal nilai religius dan sosial. Salah satu bukti nyata adalah pelaksanaan kegiatan ibadah Qurban yang rutin diadakan setiap Idul Adha. Tahun ini, Pondok Pesantren Al-Islam Joresan telah melaksanakan ibadah Qurban dengan menyembelih sebanyak 12 ekor kambing. Namun, yang membuat pelaksanaan Qurban tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya adalah prosesnya.

Menurut KH. Usman Yudi, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Islam Joresan, pelaksanaan Qurban tahun ini mengalami perubahan karena Idul Adha tahun 1444 H/2023 M bersamaan dengan libur panjang Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Al-Islam Joresan memutuskan untuk tidak menyembelih hewan kurban secara langsung di Pondok. Sebagai gantinya, hewan-hewan kurban disalurkan dalam bentuk hewan hidup ke Musholla, Masjid, dan pokmas (Pondok Pesantren Kecil) di sekitar Joresan yang biasanya digunakan oleh santri dalam kegiatan keagamaan mereka.

Pembagian hewan kurban dilakukan ke beberapa tempat, di antaranya adalah Musholla Al-Marosyid, Musholla Al-Irsyad, Musholla Sabilur Rosyad, Musholla Hasan Ali, Musholla Ar-Ridho, Musholla Al-Usmani, Musholla Al-Karim, Sendang Saman, Asrama Astra, dan Asrama Astri. Dengan menerapkan sistem pembagian hewan kurban secara langsung, Pondok Pesantren Al-Islam Joresan berharap dapat memperkuat sinergi antara pondok pesantren dan masyarakat Joresan. Melalui kegiatan ini, diharapkan hubungan harmonis antara kedua pihak semakin terjalin erat.

Menyebarnya hewan kurban ke berbagai tempat ibadah tersebut tidak hanya memberikan manfaat bagi para santri Pondok Pesantren Al-Islam Joresan, tetapi juga kepada masyarakat sekitar. Tidak sedikit masyarakat yang terlibat langsung dalam pelaksanaan ibadah Qurban ini, baik sebagai penerima hewan kurban maupun sebagai pelaksana ibadah Qurban di tempat-tempat tersebut. Hal ini membantu memperkuat ikatan sosial dan keagamaan di Joresan, sehingga tercipta kehidupan beragama yang lebih bermakna dan harmonis.

BACA JUGA  Ucapan Harlah Ke-57 Prof. Dr. H. Maskuri Bakri, M.Si. Rektor Universitas Islam Malang

Pondok Pesantren Al-Islam Joresan secara konsisten menjalankan kegiatan-kegiatan seperti ini dengan tujuan mengembangkan karakter religius dan sosial para santri. Selain mengajarkan nilai-nilai agama yang kuat, pondok pesantren ini juga memberikan pelajaran tentang saling berbagi dan kepedulian terhadap sesama. Melalui ibadah Qurban ini, santri Pondok Pesantren Al-Islam Joresan diajarkan untuk selalu mengutamakan kepentingan umat dan berbagi dengan mereka yang membutuhkan.

Diharapkan, melalui penanaman nilai-nilai karakter ini, santri Pondok Pesantren Al-Islam Joresan menjadi pribadi yang berintegritas, bertanggung jawab, dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Semangat keagamaan dan sikap tolong-menolong yang ditanamkan diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan pesantren maupun di masyarakat luas. Pondok Pesantren Al-Islam Joresan terus berkomitmen untuk menjaga dan mengembangkan nilai-nilai karakter ini, sehingga pesantren ini tetap menjadi tempat yang mampu melahirkan generasi muda yang berakhlak mulia dan bermanfaat bagi bangsa dan agama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*