Yuk Kenali ASLAM! Apa Sih Filosofi Di Baliknya?

makna dan filosofi nama aslam

ASLAM adalah sebuah organisasi santri yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Islam. Nama ASLAM  bukan merupakan singkatan, namun ia memberikan isim ‘alam. 

Asal Kata ASLAM

Nama ASLAM diambil dari kata aslama dalam bahasa Arab, yang memiliki beberapa arti. Arti yang paling umum dikenal adalah “masuk Islam”, yang merujuk pada proses seseorang yang memutuskan untuk menjadi seorang Muslim dengan sukarela. Selain itu, kata aslama juga dapat berarti “menyelamatkan” atau “menyelamatkan diri dari bahaya”. Dalam konteks ini, ASLAM dapat diartikan sebagai upaya untuk memperkuat keimanan dan moralitas santri agar terhindar dari bahaya dan tindakan yang kurang tepat dalam kehidupan.

Selain itu, kata aslama juga dapat bermakna “lebih selamat” atau “lebih aman”. Hal ini mencerminkan tujuan ASLAM untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi para santri untuk mengembangkan potensi diri dan keilmuan mereka.

Terakhir, kata aslama juga dapat diartikan sebagai “lebih pasrah” atau “berserah diri”. Konsep ini sangat penting dalam ajaran Islam, di mana manusia diharapkan untuk mempersembahkan segala hal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karenanya, ASLAM juga mengajarkan nilai-nilai pasrah dan ikhlas dalam beribadah dan kehidupan sehari-hari.

Harapan Di Balik Nama

Harapan besar dari ASLAM adalah agar para santri yang menjadi anggota atau pengurusnya benar-benar bisa menjadi santri yang memahami Islam secara kaffah, atau secara utuh dan menyeluruh. Dalam konsep Islam, ‘menyerahkan diri’ bukan hanya mengenai aspek keagamaan semata, tetapi juga melibatkan aspek sosial dan moralitas.

Tujuan Tersirat

ASLAM bertujuan untuk membentuk santri yang memiliki karakter dan kualitas yang baik dalam kehidupan sosial dan bermanfaat bagi masyarakat. Melalui pengajaran agama yang kaffah, ASLAM berupaya untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif bagi para santri untuk mengembangkan potensi diri dan keilmuan mereka, sekaligus menjadikan mereka sebagai muslim yang taat dan bermanfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA  Tambah Deretan Prestasi Bidang Kepramukaan, Membanggakan!

Sebagai sebuah organisasi santri, ASLAM bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi para anggotanya, sekaligus menghindari perilaku yang kurang baik atau tidak produktif. Karena itu, dengan tergabung dalam ASLAM, diharapkan para santri dapat memiliki output yang lebih baik, lebih tertata, dan lebih terstruktur, sesuai dengan filosofi “menyelamatkan” yang menjadi dasar dari organisasi tersebut.

Selain itu, kata “aslam” juga dapat diartikan sebagai isim tafdhil dari “silm”, yang berarti “selamat”. Dalam konteks ini, ASLAM mengajarkan nilai-nilai keamanan dan ketertiban dalam kehidupan organisasi, sehingga anggotanya dapat merasa “lebih selamat” dari hal-hal yang kurang tepat. Dengan demikian, ASLAM memegang prinsip-prinsip yang diarahkan pada pembentukan santri yang berakhlak dan berbudi pekerti luhur, yang bisa menjalankan fungsi organisasi dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*