Mengawal Kegiatan dan Program dengan Dimensi Batiniah

Istighosah rutin Al-Islam Joresan

Pada hari Rabu malam Kamis, 21 Juni 2023, Pondok Pesantren Al-Islam kembali menggelar istighosah rutinnya. Sebuah kegiatan yang tidak hanya mengawal dimensi dhahiriyah, tetapi juga memperhatikan dimensi batiniah dari setiap kegiatan dan program yang dilaksanakan. Istighosah menjadi sarana bagi santri dan pengurus Pondok Pesantren Al-Islam untuk menyadari kelemahan diri sebagai hamba yang tak luput dari kesalahan dan lupa.

Pondok Pesantren Al-Islam, sebuah lembaga pendidikan agama yang memiliki komitmen kuat dalam mencetak santri yang berakhlak mulia dan berkompeten, menyadari bahwa pembentukan karakter dan pemahaman agama tidak hanya dapat dicapai melalui upaya fisik semata. Oleh karena itu, kegiatan istighosah rutin diadakan sebagai bagian penting dari pendekatan holistik dalam proses pendidikan di pesantren ini.

Istighosah di Pondok Pesantren Al-Islam tidak hanya menjadi momen refleksi individu, menunjukkan kemungkinan akan adanya salah dan lupa. Dengan istighosah sebagai refleksi diri yang menunjukkan kelemahan diri dan senantiasa butuhnya kepada Allah SWT. Dengan kemungkinan adanya salah dan lupa, tentu saja dalam proses mengajar dan mendidik akan ada kemungkinan salah langkah, kekurangan, dan kesalahan di beberapa sisi. Dengan kondisi seperti itulah, istighosah dan sikap senantiasa memohon pertolongan Allah dalam mengemban amanah menjadi sangat penting adanya.

Oleh karenanya, termasuk kegiatan istighosah yang kali ini dilaksanakan juga dimaksudkan untuk mengawal dan mendasari kegiatan yang akan dilaksanakan agar penuh dengan rahmat dan pertolongan Allah. Dengan begitu, potensi akan adanya kemudahan, kelancaran, keberkahan dan bertambahnya kebaikan akan semakin besar. Apalagi mengingat, Pondok Pesantren Al-Islam akan melaksanakan kegiatan besar seperti Kursus Mahir Dasar (KMD), Penerimaan Santri Baru (PSB), Class Meeting Sport (CMS), dan Pekan Perkenalan. Ditambah, dalam waktu yang tidak lama, tahun pelajaran baru 2023/2024 akan segera dimulai. Tentu, semuanya butuh akan permulaan dengan terhubungnya hati dengan Allah. Agar semuanya berjalan baik dan semakin baik lagi.

BACA JUGA  Pengumuman Ruang Tes Santri Baru 2023

Istighosah juga dijadikan sebagai upaya untuk mengawal tahun pelajaran baru 2023/2024. Semangat dan kesadaran akan keagamaan menjadi fokus utama dalam mengawal setiap kegiatan dan program di Pondok Pesantren Al-Islam. Istighosah sebagai ritual spiritual membantu para santri dan pengurus pesantren untuk memusatkan perhatian pada tujuan utama pendidikan Islam, yaitu membangun akhlak yang baik dan memperkokoh iman kepada Allah SWT.

Pondok Pesantren Al-Islam melalui kegiatan istighosah rutinnya mengajarkan kepada semua anggota komunitasnya bahwa mengawal kegiatan dan program dari sisi batiniah merupakan aspek penting dalam mencapai tujuan pendidikan yang holistik. Kesadaran dan penghayatan nilai-nilai keagamaan akan membantu para santri dalam menghadapi tantangan dunia yang terus berkembang. Dengan memadukan dimensi dhahiriyah dan batiniah, Pondok Pesantren Al-Islam menjelma menjadi lembaga pendidikan yang tidak hanya mencetak individu yang berpengetahuan, tetapi juga yang memiliki kekuatan batiniah yang kokoh dalam menghadapi kehidupan sehari-hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*