Studi Banding SMP Unggulan Roudlotul Huda Magetan

STUDI BANDING SMP UNGGULAN ROUDLOTUL HUDA MAGETAN

Ahad, 16 Februari 2023, Pondok Pesantren Al-Islam menerima tamu dari SMP Unggulan Roudlotul Huda Magetan yang datang untuk melakukan studi banding. Kedatangan tamu ini dilakukan di tengah-tengah persiapan menuju tanggal 1 Maret 2023, namun pihak pondok tetap menerima tamu dengan ramah dan hangat.

Tamu dari SMP Unggulan Roudlotul Huda Magetan diperkenalkan pada kegiatan dan program yang dijalankan di Pondok Pesantren Al-Islam. Sebagai lembaga pendidikan agama Islam yang sudah lama berdiri, Pondok Pesantren Al-Islam memiliki banyak kegiatan dan program yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan keislaman para santri.

Pada kesempatan ini, tamu dari SMP Unggulan Roudlotul Huda Magetan dapat melihat langsung bagaimana Pondok Pesantren Al-Islam menjalankan kegiatan sehari-hari seperti pelajaran agama, pelajaran umum, serta kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti oleh para santri. Selain itu, tamu juga dapat berdiskusi langsung dengan pengelola dan para ustadz mengenai berbagai hal terkait dengan pengelolaan pondok pesantren.

Dalam studi banding yang dilakukan oleh SMP Unggulan Roudlotul Huda ke Pondok Pesantren Al-Islam Joresan, pokok pembahasan paling krusial adalah kurikulum yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Islam. Pondok Pesantren Al-Islam telah mengadopsi kurikulum dari Kementerian Agama, kurikulum Gontor, dan kurikulum Salafi yang diterapkan secara sekaligus.

SMP Unggulan Roudlotul Huda tertarik untuk meniru konsep dan pengaplikasian kurikulum tersebut di sekolahnya. Hal ini menunjukkan bahwa kurikulum yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Islam memiliki keunikan dan keunggulan yang menarik perhatian lembaga pendidikan lain.

Dalam pembahasan kurikulum tersebut, tamu dari SMP Unggulan Roudlotul Huda memperoleh informasi mengenai struktur kurikulum, materi pelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi yang digunakan di Pondok Pesantren Al-Islam. Dengan memperoleh informasi tersebut, tamu dapat mempelajari dan membandingkan dengan sistem pendidikan yang dijalankan di sekolahnya.

BACA JUGA  Belajar Reformasi Sedari Diri, Terapkan Prinsip Jurdil Pada Pemilihan Ketua ASLAM

Dengan kedatangan tamu dari SMP Unggulan Roudlotul Huda Magetan ini, diharapkan akan terjalin kerjasama yang baik antara Pondok Pesantren Al-Islam dan SMP Unggulan Roudlotul Huda Magetan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing lembaga. Selain itu, tamu dari SMP Unggulan Roudlotul Huda Magetan juga dapat mengambil manfaat dari studi banding ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolahnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*