Pertanyaan Dan Jawaban Seputar PSB 2023

Terkait PSB

Kapan dibuka pendaftaran santri baru di Pondok Pesantren Al Islam Joresan?

Sesuai keputusan Pondok, penerimaan santri baru 2023/2024 akan dimulai pada tanggal 1 Maret 2023. Berarti sebentar lagi akan dibuka ya. Silahkan disiapkan berkas-berkas yang mungkin dibutuhkan pada saat pendaftaran.

Berikut ringkasan tanggal pentingnya;

  1. Pengisian Formulir Online 1 Maret – 13 Juni 2023
  2. Pembayaran Cicilan Daftar Ulang 14 – 18 Juni 2023
  3. Penyerahan Berkas dan Validasi Data 19 – 24 Juni 2023
  4. Tes Masuk 25 – 26 Juni 2023
  5. Pengumuman Hasil Tes 28 Juni 2023
  6. Daftar Ulang 3 – 4 Juli 2023

Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan, calon santri atau calon wali santri dapat memperhatikan dengan baik jadwal dan tanggal penting tersebut. Dengan mempersiapkan berkas dan memahami jadwal penerimaan, calon santri atau calon wali santri dapat mengikuti seluruh tahapan penerimaan dengan baik dan meningkatkan peluang mereka untuk diterima di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan.

 

Apa saja berkas pendaftaran?

Meskipun pada brosur yang kami share nanti kita sebutkan, tapi tidak ada salahkan jika di sini juga kita sampaikan ya.

  1. Fotokopi Ijazah 3 lembar atau surat keterangan lulus apabila ijazah belum keluar
  2. Pas photo berwarna (3×4) 6 lembar
  3. Fotokopi KK 3 lembar
  4. Fotokopi Akta Kelahiran 3 lembar
  5. Fotokopi KIP (bagi yang memiliki)
  6. Nomor NISN
BACA JUGA  Sebuah Harapan: Dukungan Lahir Batin Wali Santri Untuk Ananda

 

Apa saja Tahapan Penerimaan Santri baru?

Proses pendaftaran santri baru di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan terdiri dari beberapa tahapan yang harus diikuti untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan pendaftaran. Berikut adalah tahapan-tahapan yang harus dilakukan oleh calon santri baru:

Mengisi formulir online di link https://psb.alislamjoresan.sch.id

Tahapan pertama adalah mengisi formulir pendaftaran online yang tersedia di situs web Pondok Pesantren Al-Islam Joresan. Calon santri harus mengisi semua informasi yang diminta dengan benar dan lengkap agar data yang diterima oleh pihak Pondok Pesantren Al-Islam Joresan dapat diproses dengan baik.

Membayar cicilan daftar ulang melalui VA

Setelah mengisi formulir pendaftaran online, calon santri harus membayar cicilan daftar ulang melalui Virtual Account (VA). Pembayaran ini dapat dilakukan melalui internet banking, mobile banking atau ATM. Pembayaran ini penting agar pendaftaran calon santri baru dapat diproses secara lengkap dan resmi.

Menyerahkan berkas pendaftaran dan validasi data

Calon santri baru harus menyerahkan berkas pendaftaran yang diperlukan kepada pihak Pondok Pesantren Al-Islam Joresan. Selain itu, calon santri baru juga harus melalui tahap validasi data, yang melibatkan verifikasi identitas dan kelengkapan berkas pendaftaran.

Mengikuti tes masuk

Setelah melalui tahapan pendaftaran dan validasi data, calon santri baru harus mengikuti tes masuk. Tes masuk ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan akademik dan keislaman calon santri baru, sehingga dapat diatur penempatan di kelas yang tepat.

Dinyatakan lulus dan menerima hasil tes masuk

Setelah mengikuti tes masuk, calon santri baru akan menerima hasil tes masuk. Apabila calon santri baru dinyatakan lulus, maka dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Membayar penuh daftar ulang

Tahap terakhir adalah membayar penuh daftar ulang sebagai tanda bahwa calon santri baru akan menerima jatah asrama dan dapat bergabung di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan secara resmi. Setelah melakukan pembayaran ini, calon santri baru dapat memulai proses belajar mengajar di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan.

 

Bagi yang jauh dari Ponorogo, Cek ini!

Bagi calon santri atau calon wali santri yang domisili jauh dari Ponorogo, perlu untuk memperhatikan kalender dan jadwal penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan. Proses penerimaan santri baru ini mungkin akan melewati bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, yang biasanya banyak diisi dengan kegiatan lingkungan.

BACA JUGA  Wow! Kilas Peran Alumni dan Asatidz Pada PSB Hari Pertama

Penting untuk diingat bahwa tahapan verifikasi berkas, tes penerimaan, dan pengumuman hasil tes akan dilaksanakan secara langsung di Pondok Pesantren Al-Islam. Oleh karena itu, calon santri atau calon wali santri yang berdomisili jauh dari Ponorogo perlu memperhitungkan waktu yang tepat agar dapat hadir di Pondok Pesantren Al-Islam saat diperlukan.

Melihat kalender dan jadwal penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Al-Islam juga dapat membantu calon santri atau calon wali santri untuk menentukan waktu yang tepat untuk mengurus berkas pendaftaran dan menyiapkan diri untuk mengikuti tes penerimaan. Hal ini akan membantu calon santri atau calon wali santri agar dapat mengikuti seluruh tahapan penerimaan dengan baik, dan meningkatkan peluang mereka untuk diterima di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan.

 

Di mana saya bisa mendaftar sebagai santri baru di Pondok Pesantren Al Islam Joresan?

Anda bisa mendaftar sebagai santri baru di Pondok Pesantren Al Islam Joresan melalui link pendaftaran yang tersedia di website resmi https://psb.alislamjoresan.sch.id. Setelah itu, lengkapi semua informasi yang diminta, lalu kirimkan formulir pendaftaran Anda. Link pendaftaran tersebut dapat diakses melalui HP dengan asumsi terdapat koneksi internet yang memadai.

 

Data apa yang perlu disiapkan?

Benar, sebagai calon santri baru di Pondok Pesantren Al Islam Joresan, Anda perlu menyiapkan beberapa data dasar sebagai syarat pendaftaran, antara lain:

  1. Data pribadi
  2. Data ayah
  3. Data ibu
  4. Data wali
  5. Nomor NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan data sekolah sebelumnya.

Pastikan data yang disiapkan sudah sesuai dengan dokumen resmi yang valid, seperti KTP, akta kelahiran, dan kartu keluarga. Hal ini akan memudahkan proses verifikasi data oleh pihak Pondok Pesantren Al Islam Joresan.

 

Bagaimana cara bergabung di grup WhatsApp untuk pendaftaran santri baru?

Setelah mendaftar melalui aplikasi pendaftaran, Anda akan diminta untuk bergabung di salah satu grup WhatsApp yang tersedia. Anda dapat memilih satu grup saja yang tersedia. Link ada di dashboard aplikasi pendaftaran sesudah Anda login.

 

Terkait Cicilan Daftar Ulang

Apakah calon santri baru wajib membayar cicilan pendaftaran?

Ya, santri baru di Pondok Pesantren Al Islam Joresan wajib membayar cicilan pendaftaran sebesar Rp.250.000,-. Pembayaran tersebut dapat dilakukan melalui virtual account yang akan ditampilkan pada akun aplikasi PSB setelah pendaftaran berhasil.

BACA JUGA  Sinergitas Pondok, Santri, dan Wali Santri: Pengarahan yang Mengokohkan Pendidikan

 

Apa yang terjadi jika santri baru tidak membayar cicilan pendaftaran?

Jika santri baru tidak membayar cicilan pendaftaran, maka pendaftaran santri tersebut akan dianggap tidak valid dan tidak akan diproses lebih lanjut.

 

Bagaimana cara pembayaran cicilan pendaftaran untuk santri baru?

Pembayaran cicilan pendaftaran dapat dilakukan melalui virtual account yang nanti akan diberikan oleh pihak Pondok Pesantren Al Islam Joresan setelah pendaftaran berhasil. Proses verifikasi otomatis melalui sistem kami. Dan status Anda akan diproses admin secara bertahap.

 

Apakah Virtual Account (VA) untuk bayar cicilan daftar ulang itu?

Virtual account pembayaran cicilan santri baru adalah nomor rekening virtual yang dapat digunakan oleh santri baru Pondok Pesantren Al Islam Joresan untuk melakukan pembayaran cicilan pendaftaran melalui transfer bank atau layanan pembayaran online. Virtual account ini nanti akan diberikan oleh pihak Pondok Pesantren Al Islam Joresan setelah santri baru berhasil mendaftar dan akan diproses setelah pembayaran berhasil dilakukan oleh santri baru. Masing-masing santri beda nomor rekeningnya dan sebelum transfer akan muncul nama santri yang dimaksud. Jika tidak, berarti nomor VA yang mau ditransfer itu tidak valid.

 

Apakah saya bisa membayar cicilan daftar ulang sebelum jadwal pembayar sesuai brosur?

Boleh dan bisa, santri di Pondok Pesantren Al Islam Joresan dapat membayar cicilan daftar ulang sebelum jadwal pembayaran sesuai dengan brosur, setelah nomor VA muncul.

 

Bagaimana cara membayar VA BNI untuk cicilan daftar ulang?

Berikut adalah cara untuk membayar VA (Virtual Account) BNI dari rekening BNI:

  1. Pastikan Anda memiliki nomor Virtual Account BNI yang akan dibayar. Nomor ini akan diberikan oleh Pondok Pesantren Al Islam Joresan setelah Anda berhasil mendaftar dan harus diisi dengan benar saat melakukan pembayaran.
  2. Kunjungi situs web atau aplikasi mobile banking dari bank yang akan digunakan untuk pembayaran.
  3. Pilih menu “Bayar” atau “Transfer”.
  4. Pilih jenis rekening yang akan digunakan untuk pembayaran, seperti rekening tabungan atau giro.
  5. Masukkan nomor Virtual Account BNI yang akan dibayar dan nominal cicilan yang harus dibayar.
  6. Setelah memasukkan nomor dan nominal, sistem akan menampilkan rincian transaksi. Pastikan rincian transaksi sudah benar dan sesuai.
  7. Lakukan konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN atau menggunakan token.
  8. Simpan bukti pembayaran sebagai bukti transaksi yang sah.

 

Info Asrama

Apakah santri baru bisa mendaftar asrama secara inden melalui pengasuh?

Tidak, santri baru di Pondok Pesantren Al Islam Joresan tidak diperkenankan untuk mendaftar asrama secara inden melalui pengasuh. Santri baru harus mendaftar online melalui website resmi https://psb.alislamjoresan.sch.id dan memilih pilihan mukim. Kuota santri mukim juga terbatas, sehingga tidak semua santri baru dapat dipastikan mendapatkan tempat asrama.

 

Brosur

Download Brosur

Download Brosur Klik link di bawah ini;
Brosur PSB 2023 (214 downloads)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*