Tasyakuran dan Khotaman Wada, Digelar Terbatas Namun Penuh Khidmat

Tasyakuran dan khotaman wada kelas 6 al islam

Selamat dan sukses untuk anak-anakku kelas 6

Bagi santriwan santriwati kelas 6 yang baru saja menyelesaikan masa belajarnya di pondok pesantren Al Islam. Selamat dan sukses untuk kalian. Sudah ditahqiq kalian menjadi alumni pondok pesantren Al Islam joresan. Langkah Pasti kalian kedepan sudah menunggu untuk kalian mulai hari ini. Sebuah perjalanan yang memang harus diakhiri dan dimulai kembali. Sebuah proses berkesinambungan tiada henti.

Sejak kemarin hingga besok, 23 hingga 25 Juni 2020, pondok pesantren al-islam menggelar tasyakuran dan khotaman Wada bagi kelas 6 secara tertutup dan terbatas. Acara besar yang digelar terbatas yang belum pernah dilaksanakan di pondok pesantren Al Islam. Agenda besar yang sedianya dilaksanakan secara terbuka dengan undangan ratusan, mulai dari Wali Santri, wisudawan, ustadz ustadzah, yayasan, dan berbagai lembaga lain terkait.

Kondisi adanya covid 19 telah merubah sistem dan alur dari tasyakuran dan khotaman Wada. Namun tidak mungkin bagi Pondok Pesantren Al Islam untuk tidak melepas santri-santrinya tanpa satu kenangan pun untuk mereka. Keluarga besar Pondok Pesantren Al Islam tentu ingin santri-santrinya yang telah lulus, mendapatkan kenangan terbaik saat kelulusan mereka. Mendukung mereka sebagaimana mestinya. Menyampaikan selamat untuk mereka atas keberhasilannya. Karena alasan itulah acara ini digelar, meski dengan berbagai macam keterbatasan.

Acara ini digelar di gedung ibnu Hajar lantai 2. Secara keseluruhan wisudawan yang berjumlah tidak kurang dari 312 santri, dibagi menjadi 3 sesi. Sehingga secara keseluruhan pelaksanaan acara ini menjadi 3 hari. Terhitung sejak hari selasa hingga Kamis nanti.

Undangan pun tidak banyak, hanya para Pimpinan dan wali kelas 6 saja, ditambah wisudawan dan wisudawati. Segenap guru maupun karyawan pun tidak mendapatkan undangan acara kali ini. Dengan protokol kesehatan yang cukup rumit acara ini pun digelar secara terbatas. Ustadz-ustadzah yang berkenan dan bisa menghadiri acara ini secara online, cara menyiapkan Zoom meeting untuk bisa ikut menyaksikan acara tersebut secara langsung.

BACA JUGA  Hari Santri Nasional Sebagai Tadzkirah Semangat Para Santri

 

Tasyakuran dan khotaman wada kelas 6 al islam

Begitulah kira-kira gambaran tasyakuran dan khotaman Wada kelas 6 tahun ini. Meski digelar secara sederhana, namun tak mengurangi rasa syukur dan juga kekhidmatan acara ini. Sebuah upaya kecil dari Pondok Pesantren al-Islam untuk bisa mewujudkan suatu acara yang dengan itu santriwan dan santriwati yang sudah diwisuda, bisa terhubung dengan lebih kuat dengan pondok pesantren yang telah mendidiknya.

Beberapa alumni yang ikut di wisuda, menunjukkan ekspresinya betapa mereka berterima kasih kepada pondok pesantren al-islam yang telah berkenan mengadakan acara tersebut. Meski acara ini sederhana namun bagi mereka ini sangatlah berharga. Terlukis di wajah mereka betapa bahagianya mereka saat tahu acara ini ada dan diadakan untuk mereka.

Sebagaimana yang diungkapkan Agnia Ilma, salah satu santriwati yang juga ikut diwisuda kali ini;

Ketika ustadz ustadzah banyak yang mengucapkan “maaf ya nak bisanya hanya sederhana seperti ini…” Tapi menurut kami kata yang tepat untuk menggambarkan TKW kali ini adalah luar biasa bukan sederhana. Baru TKW kami ini yang mulai dari A sampai Znya yang mengurus adalah langsung dari tangan ustadz ustadzah. Itu yang membuat kami sangat terharu, terkesima, dan pastinya kata terima kasih bejuta-juta kali pun tidak dapat menggambarkan apa yang kami rasakan atas semua kerja keras ustadz ustadzah. Di tengah keadaan yang tidak memungkinkan untuk mengadakan acara besar, ustadz ustadzah tetap memberi TKW untuk kami. Terima kasih banyak ustadz ustadzah atas kerja keras dan keikhlasannya memberikan hadiah terindah ini untuk kami… Kami sangat tersentuh… TKW kali ini pastinya akan sangat berkesan dan berarti untuk kami semua… Sekali lagi terima kasih ustadz ustadzah…

Kepuasan dan kesenangan serta kebahagiaan dari segenap alumni yang telah diwisuda tahun ini menjadi harapan besar dari keluarga besar Pondok Pesantren Al Islam. Semoga dengan digelarnya acara ini seluruh wisudawan menjadi tahu dan menjadi lebih kuat kemandiriannya, keilmuannya serta karakternya. Sadar betul bahwa mereka sudah menjadi bagian dari keluarga besar Pondok Pesantren Al Islam joresan. Dan tumbuh menjadi agen-agen perubahan yang lebih baik di masyarakat.

BACA JUGA  Persembahan Drumband Al-Islam Joresan Pada Upacara Penurunan Bendera Di Alon-alon Ponorogo

Untuk anak-anakku yang telah lulus dan diwisuda tahun ini, semoga ilmu kalian lebih manfaat, lebih berkah, dan mendapatkan pertolongan dari allah untuk mengembangkannya ke jenjang yang jauh lebih tinggi dan lebih tinggi lagi. Kami doakan semoga cita-cita kalian dimudahkan dan diberikan kemudahan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Dan kalian menjadi orang-orang yang bermanfaat dan senantiasa Memberikan manfaat. Amin.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*