Ucapan Selamat Peringatan Hari Lahir Ke-57 Wakil Presiden RI Untuk Pondok Pesantren Al-Islam Ponorogo

Sebagaimana dilansir pada situs resmi Kepresidenan, https://www.wapresri.go.id/pesan-wapres-pada-peringatan-hari-lahir-ke-57-ponpes-al-islam-ponorogo/. K.H. Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Indonesia, selalu menegaskan bahwa pesantren memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa. Selain berfungsi sebagai lembaga pendidikan untuk mencetak sumber daya manusia di bidang keagamaan, pesantren juga dapat menjadi pusat pemberdayaan umat.

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Ke-57 Pondok Pesantren Al-Islam di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Wapres menyampaikan pesan agar Ponpes Al-Islam meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakannya. Hal ini penting untuk terus meningkatkan kemajuan Ponpes dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas, baik di bidang keagamaan maupun ekonomi.

“Ponpes Al-Islam sebagai tempat untuk tafaquh fiddin (memperdalam pengetahuan tentang agama) yang melahirkan al-mutafaqihina fiddin (orang yang menguasi pengetahuan tentang agama) untuk meneruskan misi perjuangan para ulama dalam memperbaiki umat dan bangsa,” pesannya dalam tayangan video, Rabu (18/04/2923).

Tak hanya itu, Wakil Presiden juga meminta Pondok Pesantren Al-Islam untuk terus berperan aktif dalam upaya pemberdayaan masyarakat, terutama dalam bidang ekonomi.

“Saya berharap, Ponpes Al-Islam Ponorogo juga mengambil peran ini secara aktif, untuk berkontribusi memajukan ekonomi dan keuangan syariah dalam rangka menyejahterakan masyarakat sekitar,” pintanya. Dan beliau juga mendoakan dan menambahkan, “Semoga Allah SWT senantiasa memberikan ‘inayah-Nya dan meridai semua ikhtiar yang kita lakukan. Teruslah bertumbuh maju untuk meneruskan misi perjuangan para ulama dalam memperbaiki umat dan bangsa.”

Wakil Presiden juga mendorong Pondok Pesantren Al-Islam dan para pengurusnya untuk memberikan pendidikan yang tidak hanya berfokus pada aspek keagamaan, tetapi juga pada pengembangan kemampuan dan keterampilan di berbagai bidang lainnya. Hal ini bertujuan agar para santri yang lulus dari Pondok Pesantren tersebut memiliki kemampuan dan kompetensi yang memadai untuk bersaing di tingkat nasional maupun global, tidak hanya dalam bidang keagamaan tetapi juga di bidang lainnya seperti ekonomi, teknologi, dan sains. Dengan meningkatkan kapabilitas para santri, diharapkan akan tercipta sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkontribusi dalam membangun bangsa dan negara. Hal ini sebagaimana beliau sampaikan, “dorong para santri untuk terus meningkatkan kapabilitas di berbagai bidang, agar memiliki kompetensi yang mampu bersaing, baik di tingkat nasional maupun global.”

BACA JUGA  Puncak Harlah ke-57: Keberkahan Hadirnya Mbah Kuri Jenes di Al-Islam Joresan

Pesan terakhir dari Wakil Presiden adalah untuk para kiai, pengasuh, dan pengurus Pondok Pesantren Al-Islam agar menginspirasi para santri untuk terus meningkatkan kapabilitasnya di berbagai bidang. Tujuannya adalah agar para santri yang lulus nanti memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai, sehingga dapat bersaing dengan baik baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Saya ucapkan selamat kepada kiai pengasuh, pengurus, dan seluruh santri atas pencapaian usia selama lebih dari lima dekade. Dan terima kasih atas segala kiprah dan dedikasi Pondok Pesantren Al-Islam bagi kemajuan peradaban melalui dakwah dan pendidikan,” pungkas Wapres.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*