Ikahtiar Menjelang Ramadan

Sebagai rangkaian menyambut bulan ramadan 1444 H, Pondok Pesantren Al-Islam menggelar rukyatul hilal. Tim Falakiyah Pondok Pesantren Al-Islam yang dipelopori oleh Ust. Syafrudin Rusydi, Ust. Ruslan Abdul Ghony, Ust. Imam Mudhori dan Ust. Moh. Zamroji selalu  melakukan kajian atau pembelajaran tentang penentuan awal bulan hijriah. Rukyatul Hilal ini merupakan salah satu Ikhtiar untuk menentukan awal bulan ramadan atau awal bulan syawal. Bertempat di Ibnu Syathir Gedung Ibn. Hajar II lt. III hilal awal Ramadan 1444 H dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2023 dan dihadiri oleh Ketua Yayasan, Direktur beserta para Wakil Direktur, Kepala Madrasah, Santri dan para mahasiswa IAIRM Ngabar Jurusan Syari’ah yang didampingi oleh Dosennya.

Sekitar pukul 16.30 WIB acara dimulai di Aula Gedung Ibn. Hajar I Lt. II, diawali sambutan-sambutan dari Pimpinan dan Tim Hilal Pondok Pesantren Al-Islam setelah itu dilanjutkan pengarahan tentang hilal. Pengarahan tentang hilal dijelaskan langsung oleh Dr. Ahmad Junaidi, M.Ag, beliau merupakan seorang lembaga falakiyah Nahdatul Ulama sekaligus Alumni Pondok Pesantren Al-Islam yang sudah banyak berkontribusi kepada Pondok. Seteleh pengarahan selesai atau sekitar Pukul 17.25 WIB seluruh peserta diarahkan ke Balai Ibnu Syathir untuk menyaksikan Hilal dengan Teleskop Robotik (alat untuk melihat hilal). Ahlan Wa Sahlan Ramadan…!

Seiring berjalannya ramadan, tim rukyatul hilal Pondok Pesantren Al-Islam menyasar ke kaum milineal. Sebagai santri tidak boleh diombang ambingkan perdebatan tiada henti, santri Al-Islam setidaknya mengerti dan faham tentang penentuan awal bulan hijriah. Hilal atau hisab sebagai bentuk Ikhtiar awal bulan ramadan dan syawal. Pada tanggal 10 April 2023, tim hilal telah mengadakan pelatihan hisab untuk menentukan awal bulan Syawal. Pelatihan tersebut diikuti seluruh santri kelas V Madrasah Aliyah. Acara tersebut dipandu oleh ust. Syafrudin Rusydi. Kali ini, beliau membekali santri kelas V dengan metode hisab sebagai upaya penentuan 1 Syawal nanti. Metode hisab sendiri merupakan penentuan awal bulan Hijriah dengan mengandalkan hitungan Ilmu Falak.

BACA JUGA  Rangkaian Ucapan Selamat Harlah Ke-57 Pondok Pesantren Al-Islam Dari Berbagai Kalangan

In Syaa Allah menjelang Satu Syawal nanti Pondok Pesantren Al-Islam kembali akan mengadakan Rukyatul Hilal. Dengan harapan cuaca cerah dan mendukung, tim hilal dapat melihat dan mengukur serta mengkaji jatuhnya awal bulan Syawal 1444 H.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*