Belajar Di Al-Islam Joresan Itu Sebaiknya 6 Tahun, Kenapa?

Pondok Pesantren Al Islam Joresan merupakan lembaga pendidikan Islam yang memberikan pendidikan formal dan non formal bagi santri yang mendaftar. Menyelesaikan belajar selama 6 tahun, dari kelas 1 sampai kelas 6, di Pondok Pesantren Al Islam Joresan akan dikatakan sebagai “tamat” yang sesungguhnya bagi santri. Hal ini disebabkan oleh desain kurikulum yang berkesinambungan dan berkaitan mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.

Dalam desain kurikulum yang berkesinambungan, santri akan mendapatkan pelajaran-pelajaran yang secara terus-menerus diintegrasikan dari kelas 1 sampai kelas 6. Dalam hal ini, seluruh mata pelajaran yang diajarkan di Pondok Pesantren Al Islam Joresan akan terwujud menjadi satu rangkaian utuh. Dari sini, diharapkan keseluruhan santri yang menamatkan belajarnya terlebih bisa memahami dengan baik, sehingga mereka akan bisa mendapatkan pengetahuan yang lengkap.

Desain kurikulum yang berkesinambungan di Pondok Pesantren Al Islam Joresan memiliki tujuan untuk membentuk santri yang memiliki pemahaman yang menyeluruh dan utuh tentang pelajaran-pelajaran yang diajarkan. Dalam desain ini, setiap pelajaran tidak hanya diajarkan secara terpisah, namun juga diintegrasikan dengan pelajaran-pelajaran lainnya.

Dengan demikian, santri tidak hanya mempelajari setiap pelajaran secara individual, tetapi juga memahami hubungan antara pelajaran-pelajaran tersebut dan bagaimana keterkaitannya satu sama lain. Hal ini membuat proses belajar santri menjadi lebih efektif dan efisien, karena mereka dapat menghubungkan dan menerapkan pengetahuan yang telah mereka pelajari ke dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam desain kurikulum yang berkesinambungan ini, santri juga akan mengalami proses pembelajaran yang bertahap, dimulai dari materi-materi yang lebih dasar hingga materi-materi yang lebih kompleks. Proses pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada santri untuk membangun pengetahuan dan keterampilan mereka secara bertahap, sehingga mereka dapat memahami setiap konsep secara mendalam dan terintegrasi.

BACA JUGA  Peran Penting Orang Tua Dalam Perkembangan Pendidikan Santri

Selain pendidikan formal, di Pondok Pesantren Al Islam Joresan juga memberikan pendidikan non formal yang penting untuk membentuk karakter santri. Santri akan belajar banyak hal seperti pembiasaan, sopan santun, etika sosial, dan kepimpinan di organisasi. Dalam proses belajar selama 6 tahun, santri akan mengalami perubahan karakter dan pembentukan sikap yang positif. Oleh karena itu, menyelesaikan belajar selama 6 tahun di Pondok Pesantren Al Islam Joresan akan memberikan dampak positif bagi santri yang akan mempengaruhi masa depan mereka.

Namun, jika santri keluar atau pindah di tengah jalan, maka proses pembentukan karakter dan pengembangan pengetahuan mereka tidak akan tercapai secara maksimal. Proses pembelajaran di Pondok Pesantren Al Islam Joresan membutuhkan waktu yang cukup lama dan konsistensi dalam menjalankannya. Oleh karena itu, santri yang keluar di tengah jalan belum dapat dikatakan sebagai “tamat” yang sesungguhnya, karena mereka belum menyelesaikan seluruh proses pembelajaran dan pembentukan karakter yang telah dirancang oleh kurikulum Pondok Pesantren Al Islam Joresan.

Walhasil, Pondok Pesantren Al Islam Joresan merupakan lembaga pendidikan Islam yang memberikan pendidikan formal dan non formal bagi santri. Menyelesaikan belajar selama 6 tahun, dari kelas 1 sampai kelas 6, di Pondok Pesantren Al Islam Joresan akan dikatakan sebagai “tamat” yang sesungguhnya bagi santri. Hal ini disebabkan oleh desain kurikulum yang berkesinambungan dan berkaitan mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Oleh karena itu, santri yang keluar di tengah jalan tidak dapat dikatakan sebagai “tamat” yang sesungguhnya, karena mereka belum menyelesaikan seluruh proses pembelajaran dan pembentukan karakter yang telah dirancang oleh kurikulum Pondok Pesantren Al Islam Joresan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*