Istighosah Rutin Asatidz, Sebuah Harapan Terbaik Kepada-Nya

Pondok Pesantren Al-Islam Joresan adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang berada di Joresan, Jawa Timur. Di sini, santri atau siswa diajarkan tentang ajaran agama Islam secara komprehensif, mulai dari tauhid, Al-Qur’an, hadits, fiqh, tafsir, serta ilmu-ilmu lain yang diperlukan untuk menjadi muslim yang taat dan berakhlak mulia. Tak kurang dari 3000 santri terdaftar aktif di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan. Sehingga upaya dan langkah-langkah harus diambil untuk bisa memberikan pendidikan terbaik kepada santri. Baik itu dalam bentuk pendidikan langsung maupun dukungan moral melalui kegiatan spiritual.

Salah satu kegiatan rutin yang diadakan di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan adalah istighosah. Istighosah adalah kegiatan dzikir atau membaca doa secara berjamaah yang dilakukan setelah shalat magrib. Kegiatan ini sangat penting dalam selain untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menyatukan kembali niat seluruh asatidz yang berkhidmah di Al-Islam Joresan. Mengingatkan kembali akan pentingnya sikap tawakal dan menyadarkan proses pendidikan pada pertolongan Allah, tentu saja besar harapannya agar semuanya dimudahkan. Dijadikan santri-santrinya, santri yang berkah dan membawa keberkahan di mana saja ia berada.

Selain itu, kegiatan istighosah juga diisi dengan tausiyah atau ceramah dari Pimpinan pondok pesantren yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada seluruh asatidz dan terkadang diisi sosialiasi program yang sedang atau akan dijalankan. Momen terbaik di mana asatidz dan tenaga kependidikan berkumpul, bersama meluruskan niat, menguatkan tekad, mengingat kembali langkah-langkah khidmah yang baik, dan diakhiri dengan shalat isya berjamaah.

BACA JUGA  Kunjungan Pesantren Binaan Alumni 1990, “Darussalam” Bengkulu

Kegiatan istighosah asatidz di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan dilakukan setiap tiga bulan sekali setelah shalat magrib. Dilaksanakan di kompleks Asrama putra atau mungkin juga nantinya di Asrama Putri. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh ustadz ustadzah dan tenaga kependidikan di pondok pesantren. Selain menjadi ajang sarana peningkatan ketaqwaan, menguatkan silaturahmi, kegiatan ini juga nantinya akan bisa menjaga salah satu benteng santri-santri dan asatidz di Pondok Pesantren Al-Islam dari hal-hal yang kurang baik. Mengingat bahwa sekarang ini zaman banyak hal-hal yang syubhat dan terkadang timbul fitnah. Semoga kegiatan ini membawa keberkahan dan kegiatannya bisa lebih istiqomah dan berbobot. Aamiin

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*