Kursus Mahir Dasar: Sebuah Upaya Membangun Generasi Berjiwa Pemimpin Yang Qurani

KURSUS MAHIR DASAR KWARTIR CABANG PONOROGO DI PONDOK PESANTREN AL-ISLAM JORESAN

Joresan- Suasana khidmat terpancar dari Pondok Pesantren Al-Islam saat mereka menggelar upacara pembukaan Kursus Mahir Dasar (KMD) Kwartir Cabang Ponorogo. Acara yang berlangsung pada Sabtu, 1 Juli 2023, menjadi momentum penting bagi pesantren ini dalam mengembangkan potensi para santri dalam bidang kepramukaan.

KMD Kwartir Cabang Ponorogo merupakan kegiatan tahunan yang diadakan di Pondok Pesantren Al-Islam, dengan peserta kali ini mencapai angka 644 santri. Kegiatan ini diperuntukkan bagi santri kelas IV yang akan naik ke kelas V, sebagai bagian dari upaya kaderisasi di bidang kepramukaan.

Pondok Pesantren Al-Islam berharap bahwa melalui KMD Kwartir Cabang Ponorogo ini, para santri dapat mengembangkan potensi diri dan kepribadian mereka secara holistik. Selain keterampilan kepramukaan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk karakter yang kuat, mandiri, dan bertanggung jawab. Pondok Pesantren Al-Islam percaya bahwa kepramukaan adalah salah satu wadah yang efektif dalam membentuk generasi muda yang memiliki semangat kebangsaan, kecerdasan emosional, dan sikap kemandirian.

Hal ini sebagaimana sambutan Direktur Pondok Pesantren Al-Islam:”Karena pentingnya kegiatan pramuka ini, maka di pondok pesantren Al Islam akan selalu terus mengadakan kursus dalam rangka menyiapkan generasi-generasi yang tangguh dan generasi-generasi yang Qurani. Karena itu, Pramuka ini adalah bagian dari kegiatan yang ada di pondok pesantren yang tidak bisa dipisahkan sampai akhir hayat nanti, kita tidak akan melepaskan Pramuka ini. Pramuka harus tetap ada di pondok pesantren Al Islam ini. Ada informasi tidak benar kalau Islam tidak mengadakan kepramukaan. Pendidikan Pramuka ini adalah pendidikan non formal.”

Pernyataan tersebut dilontarkan dengan tegas sebagai respons terhadap adanya informasi yang kurang tepat mengenai pandangan beberapa pihak yang menganggap kepramukaan di Al-Islam ditiadakan. Beliau menekankan bahwa pendidikan pramuka adalah bentuk pendidikan non formal yang sangat berharga bagi perkembangan santri. Dalam konteks Pondok Pesantren Al-Islam, pramuka menjadi salah satu elemen vital dalam penanaman nilai-nilai keagamaan dan pembentukan karakter yang kuat.

BACA JUGA  Gelar Workshop IKM sesuai KMA 347 tahun 2022

Dengan diadakannya KMD Kwartir Cabang Ponorogo ini, Pondok Pesantren Al-Islam berharap para santri dapat memperoleh keterampilan dasar kepramukaan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Melalui serangkaian kegiatan yang mencakup pelatihan keterampilan, kegiatan luar ruangan, dan simulasi, para peserta akan diajarkan tentang pentingnya kerjasama tim, kepemimpinan, ketangkasan, serta nilai-nilai kepramukaan yang mendasar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*