Pendidikan Holistik Dengan Paduan Tiga Kurikulum Terintegrasi

Pondok Pesantren Al Islam Joresan adalah salah satu lembaga pendidikan agama yang menggunakan kurikulum salafi sebagai dasar pengajarannya. Salah satu keunikan dari pendidikan yang diterapkan di pesantren ini adalah penggunaan kitab-kitab klasik sebagai sumber belajar utama, seperti kitab ta’lim Al muta’allim, bulughul maram, tafsir al-Jalalain, dan kifayatul ‘awam.

Kitab ta’lim Al muta’allim menjadi salah satu kitab yang diajarkan di Pondok Pesantren Al Islam Joresan. Kitab ini memberikan pengajaran tentang pentingnya akhlak dalam belajar dan mengambil manfaat. Di dalam kitab ini, juga diajarkan mengenai bagaimana menata niat belajar, adab kepada guru, serta pentingnya kehati-hatian dalam berbicara dan bertindak.

Selain itu, bulughul maram menjadi salah satu kitab hadits yang juga diajarkan di Pondok Pesantren Al Islam Joresan. Kitab ini merupakan kumpulan hadits yang dikumpulkan berdasarkan tema, sehingga memudahkan para santri dalam memahami hadits-hadits yang berkaitan dengan suatu topik tertentu.

Tafsir al-Jalalain juga menjadi salah satu kitab yang diajarkan di Pondok Pesantren Al Islam Joresan. Kitab ini merupakan tafsir ringkas namun kaya akan makna, sehingga mudah dipahami oleh para santri. Pengajaran tafsir al-Jalalain dapat membantu para santri untuk memahami makna dari ayat-ayat Al-Quran secara lebih mendalam.

Kifayatul ‘awam menjadi kitab aqoid yang juga diajarkan di Pondok Pesantren Al Islam Joresan. Kitab ini mengajarkan para santri untuk berpikir dan berakidah secara kritis, sehingga dapat memperkuat keyakinan dan pemahaman mereka mengenai ajaran Islam.

Secara umum, pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Al Islam Joresan sangat mengedepankan pengajaran kitab-kitab klasik sebagai sumber utama pembelajaran. Hal ini menunjukkan kekayaan intelektual dari tradisi salafi dan memberikan kesempatan kepada para santri untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap ajaran Islam secara komprehensif.

BACA JUGA  From Zero To Hero Menuju Harlah Al Islam Ke-57

Selain kitab-kitab klasik yang diajarkan, Pondok Pesantren Al Islam Joresan juga menyertakan mata pelajaran lain yang berbasis kurikulum Kementerian Agama dan pondok modern. Hal ini dilakukan untuk memberikan pendidikan yang lebih holistik dan terintegrasi kepada para santri.

Beberapa mata pelajaran yang diajarkan di Pondok Pesantren Al Islam Joresan antara lain Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Sejarah, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Mata pelajaran ini diajarkan dengan metode pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, sehingga para santri dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang komprehensif.

Selain itu, Pondok Pesantren Al Islam Joresan juga menyertakan kegiatan ekstrakurikuler, seperti olahraga, seni budaya, dan pengembangan kepribadian. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk membantu para santri mengembangkan potensi dan bakat mereka di luar lingkup pelajaran akademik.

Dengan menyertakan mata pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler yang beragam, Pondok Pesantren Al Islam Joresan berharap bisa memberikan pendidikan yang seimbang antara akademik, keagamaan, dan keterampilan. Hal ini penting untuk membentuk santri yang memiliki kepribadian yang kuat dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*