Tak Hanya Pengetahuan Agama, Santri Pun Dibekali Ketrampilan Yang Bermanfaat

SKILL SANTRI

Pada tanggal 13 Mei 2023, Pondok Pesantren Al-Islam menyelenggarakan acara Penutupan Apel Pagi mingguan “Sabtu Pagi” sekaligus Penutupan Seluruh Kegiatan Ekstrakurikuler Semester 2. Acara ini diikuti oleh seluruh asatidz dan santri sebagai momen penting dalam menutup semester dan mempersiapkan diri menghadapi Ujian Akhir Semester.

Pondok Pesantren Al-Islam memiliki cita-cita besar untuk menghasilkan generasi santri yang tidak hanya memiliki pengetahuan agama yang kuat, tetapi juga ketrampilan dan skill yang bermanfaat bagi masyarakat di masa depan. Dalam rangka mencapai cita-cita ini, pondok pesantren telah mengadakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler selama semester ini.

Kegiatan ekstrakurikuler tersebut memiliki tujuan yang jelas, yaitu membekali para santri dengan ketrampilan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Berbagai pilihan ekstrakurikuler disediakan, seperti keterampilan komputer, seni dan budaya, olahraga, kewirausahaan, dan sebagainya. Melalui kegiatan ini, para santri diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi diri mereka di luar lingkungan pembelajaran klasikal.

Penutupan Apel Pagi mingguan “Sabtu Pagi” dan Penutupan Seluruh Kegiatan Ekstrakurikuler Semester 2 menjadi momen penting untuk mengevaluasi perkembangan santri selama semester. Dalam apel pagi tersebut, para asatidz memberikan sambutan dan penghargaan kepada para santri yang telah aktif berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan menunjukkan kemajuan dalam skill dan ketrampilan yang mereka pelajari.

Pada kesempatan ini, pimpinan pondok pesantren menggarisbawahi pentingnya kesiapan menghadapi Ujian Akhir Semester. Namun, tidak hanya itu, mereka juga menekankan pentingnya mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari dan berkontribusi bagi masyarakat.

Pondok Pesantren Al-Islam percaya bahwa generasi santri yang memiliki skill dan ketrampilan yang bermanfaat akan mampu memberikan kontribusi yang positif dalam masyarakat. Mereka tidak hanya menjadi individu yang berpengetahuan, tetapi juga mampu beradaptasi dengan perubahan zaman dan menanggapi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

BACA JUGA  Memukau! Ganesha Battle di GOR Singodimedjo

Selain itu, melalui kegiatan ekstrakurikuler, santri juga diajarkan nilai-nilai kejujuran, kerjasama, disiplin, dan kepemimpinan. Hal ini penting untuk membentuk karakter yang kokoh dan menjadikan mereka individu yang bertanggung jawab dan mampu berperan aktif dalam memajukan masyarakat.

Pondok Pesantren Al-Islam berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan kegiatan ekstrakurikuler demi mencapai cita-cita besar mereka. Melalui upaya ini, diharapkan generasi santri Pondok Pesantren Al-Islam akan mampu menjadi motor penggerak perubahan dan memberikan kontribusi positif yang nyata dalam masyarakat.

Dengan adanya Penutupan Apel Pagi mingguan “Sabtu Pagi” sekaligus Penutupan Seluruh Kegiatan Ekstrakulikuler Semester 2, Pondok Pesantren Al-Islam memperlihatkan tekadnya dalam menyiapkan generasi santri yang tidak hanya memiliki pengetahuan agama yang kuat, tetapi juga ketrampilan dan skill yang bermanfaat. Hal ini adalah langkah nyata dalam mencapai cita-cita besar pondok pesantren tersebut dan mewujudkan visi pendidikan yang komprehensif bagi para santri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*