Tingkatkan Kualitas Diri, Tema Administrasi Dan Leadership Jadi Pilihan

Hari ini, Jum’at, 10 Maret 2023, para santri Pondok Pesantren Al Islam Joresan yang tergabung dalam Dewan Ambalan (DA) mengadakan kegiatan orientasi dengan tema administrasi dan leadership. Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat bagi santri di masa mendatang.

Luar biasanya, kegiatan semacam ini, layaknya Komunitas Ilmiah Santri (KIS) yang hari ini juga mengadakan musyawarah kerja, kegiatan ini adalah proker santri sendiri. Bukan kegiatan yang dipaksakan pembimbing. Bahkan dalam pemilihan hari, santri cenderung aktif memilih waktu yang mereka inginkan. Kesiswaan dan pembimbing mengaminkan saja.

Orientasi Dewan AMbalan ASLAM

 

Dewan Ambalan termasuk wadah kegiatan kaderisasi santri di bidang Kepramukaan. DA merupakan salah satu organisasi binaan Organisasi Santri Al Islam (ASLAM) yang memberikan kesempatan kepada para santri untuk mengembangkan kemampuan mereka di berbagai bidang. Dewan Ambalan disiapkan khusus untuk menampung bakat minat santri yang ingin menekuni bidang Kepramukaan.

Kegiatan orientasi ini fokus pada pengembangan kemampuan administrasi dan kepemimpinan. Para santri belajar bagaimana cara mengelola organisasi dengan baik, memimpin tim, serta berkomunikasi dengan efektif. Melalui kegiatan ini, diharapkan para santri dapat menjadi pemimpin yang efektif di masa depan dan dapat membawa perubahan positif di lingkungan sekitarnya.

Pentingnya pengembangan diri seperti ini tidak akan tercapai tanpa adanya dukungan dari Bagian Kesiswaan Pondok Pesantren Al Islam Joresan dan para pembimbing. Meskipun hari ini adalah hari libur, mereka tetap rela masuk untuk membimbing dan mendukung kegiatan orientasi ini. Hal ini menunjukkan rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi terhadap pendidikan dan perkembangan santri.

Orientasi dewan Ambalan ASLAM

Kegiatan seperti ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren Al Islam Joresan. Sebagai sebuah institusi pendidikan Islam, Pondok Pesantren Al Islam Joresan memiliki peran penting dalam mempersiapkan para santri menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan mampu membawa perubahan positif di masyarakat. Melalui kegiatan seperti ini, para santri dapat mengembangkan kemampuan dan kepribadian yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

BACA JUGA  Konsisten! Terus Gaungkan Kedisiplinan dan Pembiasaan Baik Bagi Santri

Ungkapan rasa syukur yang mendalam kepada Allah atas kesempatan yang diberikan kepada para santri atas semua dan banyaknya kegiatan yang dilakukan santri. Ini anugrah Allah yang luar biasa. Sampai saat ini, para santri dengan berbagai varian kegiatan dan jenisnya, silih berganti mengadakan kegiatan. Hampir setiap hari. Artinya Allah telah menjaga keberlangsungan dan kualitas Pondok melalui salah satunya kegiatan santri.

Apresiasi yang mendalam juga terima kasih patut diberikan kepada Bagian Kesiswaan Pondok Pesantren Al Islam Joresan dan para pembimbing yang rela masuk di hari libur untuk mendukung kegiatan ini. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan di masa depan dan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren Al Islam Joresan.

Bagaimana tidak? Sehari ini saja ada dari bagian Kesiswaan pondok yang harus mendampingi kegiatan santri, di mana beliau hari Jum’at seharusnya istirahat di rumah. Rehat dari banyaknya tugas yang diberikan pondok. Beliau dengan tulus ikhlas memenuhi undangan dan mengikuti. Meski mungkin saja, ada di antara beliau-beliau ada kewajiban rumah yang semestinya juga harus dikerjakan. Rela ditunda dan kembali beraktivitas di pondok.

Orientasi dewan Ambalan ASLAM

Semangat dan tekad yang tinggi dari para santri dan para pembimbing ini adalah anugrah Allah yang besar bagi Pondok Pesantren Al Islam Joresan. Dengan semangat juang yang kuat, Pondok Pesantren Al Islam Joresan bisa terus berkembang dan memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat.

Semangat ini adalah bukti bahwa Pondok Pesantren Al Islam Joresan benar-benar menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai seperti ketulusan, kesabaran, keikhlasan, dan semangat juang yang tinggi sangat ditekankan dalam Pondok Pesantren Al Islam Joresan, dan hal ini dapat dilihat dari semangat para santri dan para pembimbing dalam mengikuti kegiatan di hari libur.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*