Selamat Dan Berkah! Hadiah Harlah Al-Islam Ke-57 Dari Santri

Ukiran prestasi-prestasi yang berhasil disematkan oleh santri-santri Pondok Pesantren Al Islam di bulan ini seakan menjadi sebuah kejutan dan hadiah dari santri-santri Pondok Pesantren Al Islam. Hadiah-hadiah yang atas izin Allah sematkan untuk pondok pesantren Al Islam menjelang harlahnya ke 57. Hadiah yang insya Allah menjadi indikator adanya perbaikan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas Pondok Pesantren Al Islam.

Setidaknya ada prestasi baik dari tingkat Madrasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah, yang keduanya pada hari-hari ini ada kesempatan dan memungkinkan mengikuti perlombaan.

Meski event yang diikuti Madrasah Aliyah tidak sebesar event Porseni yang saat ini sedang diikuti madrasah Tsanawiyah, salah satu santri yang mengikuti event perlombaan Madrasah Aliyah pun berhasil mendapatkan prestasi yang membanggakan.

Selamat dan berkah teruntuk santri-santri yang mengikuti perlombaan PORSENI atas prestasi-prestasi yang telah diraih!

Selamat dan berkah untuk santri yang mengikuti MTQ pada IAIN Ponorogo CUP 2023.

Selamat dan berkah atas keberhasilan para pembimbing yang mendampingi santri pada saat lomba! Kepada seluruh pembimbing doa terbaik untuk panjenengan semuanya, semoga Allah senantiasa berkat kesehatan keberkahan dan balasan terbaik dari sisi-Nya.

Selamat dan berkah atas keberhasilan MTs Pondok Pesantren Al Islam dalam mengawal santri-santrinya! Semoga dari hari-hari semakin baik dan lebih baik lagi!

Selamat dan berkah atas keberhasilan madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Islam yang telah mengantarkan salah satu santrinya memenangkan kejuaraan IAIN Ponorogo CUP 2023.

Prestasi santri pondok pesantren Al Islam

Dan berikut ini adalah rekapitulasi hasil perlombaan Porseni Kontingen MTs Pondok Pesantren Al Islam;

Juara 1

  1. Futsal – Go Jatim
  2. Pidato B. Arab Putri – Go Jatim
  3. Tenis Ganda Putra – Go Jatim

Juara 2

  1. Pencak Silat Putra
  2. Kaligrafi Putri
  3. Pidato B. Inggris Putra
  4. Pidato B. Inggris Putri
  5. Tolak Peluru Putri
BACA JUGA  Inilah 7 Keunikan Pondok Pesantren Al-Islam Joresan

Juara 3

  1. MTQ Putra
  2. Lari 100 m Putra
  3. Tenis Tunggal Putri
  4. Bulu Tangkis Putra – Go Jatim (Proyeksi Ganda)
  5. Bulu Tangkis Putri – Go Jatim (Proyeksi Ganda)

Harapan 1

  1. Lari 400 m Putra
  2. Pidato B. ARAB Putra
  3. Catur Putra

Harapan 2

  1. Tahfidz Putri
  2. Lompat Jauh

Harapan 3

  1. MTQ Putri
  2. Pidato B. Indonesia Putra & Putri
  3. Pencak Silat Putri

Prestasi santri pondok pesantren Al Islam

Sedangkan prestasi dari santri Madrasah Aliyah, Rizquna Sa’ya Haq, salah satu santri kelas IV MA Pondok Pesantren Al-Islam yang berhasil mentorehkan namanya sebagai juara II MTQ IAIN Ponorogo CUP 2023. Perlombaan yang digelar untuk MA, SMK atau yang sederajat.

Tentu saja prestasi-prestasi yang dicapai ini tak terlepas dari peran serta seluruh peserta dan juga ustadz ustadzah yang membimbing mereka dalam persiapan lomba pada hari-hari sebelumnya. Tentu tak mudah menyiapkan santri-santri untuk siap berkompetisi dengan puluhan madrasah. Banyak pembelajaran dan strategi yang harus disiapkan Dan disampaikan kepada santri sebagai bekal pada saat lomba. Prestasi-prestasi di atas juga tidak terlepas dari adanya lingkungan Pondok Pesantren Al Islam yang kondusif.

Terciptanya lingkungan yang kondusif, yang memungkinkan santri-santri dapat tumbuh pendidikannya dengan baik tentu saja berkat peran serta dari seluruh elemen di pondok pesantren Al Islam. Lingkungan yang kondusif memungkinkan santri-santri dapat belajar dengan lebih baik, terasah pola pikirnya, berkembang kejiwaannya, dan yang lebih penting memiliki akhlak yang lebih baik.

Melegendanya kisah Muhammad Al Fatih yang berhasil menaklukkan benteng-benteng raksasa Romawi sampai kini telah menjadi catatan sejarah. Bagaimana Muhammad Al Fatih berhasil menembus benteng-benteng yang selama 500 tahun belum pernah ada yang berhasil menembusnya. Hal ini, menarik minat dan rasa ingin tahu dari ahli sejarah untuk mencari apa rahasia sebenarnya di balik keberhasilannya.

BACA JUGA  Begini Al-Islam Joresan Mengajarkan Langsung Kecerdasan Sosial Santrinya

Kisah luar biasa Muhammad Al Fatih mungkin adalah bagian kecil dari sejarah yang sebenarnya sudah terukir sejak lama. Para pendahulu Muhammad Al Fatih telah berhasil meletakkan dasar-dasar yang kuat pada pribadi Panglima besar ini, sehingga tumbuh menjadi sosok yang berkarakter, mampu memimpin, dan ahli strategi.

Muhammad Al Fatih adalah puzzle puzzle yang mungkin gambarnya paling menarik untuk dilihat. Namun puzzle-puzzle yang lain juga memberikan peranan yang besar atas terbentuknya sebuah gambar meskipun mungkin gambarnya kurang menarik. Puzzle-puzzle tidak akan ada artinya tanpa keseluruhan komponen sehingga menyusun gambar secara utuh.

Seperti halnya santri-santri Pondok Pesantren Al Islam, yang tergabung dalam Kontingen PORSENI Tingkat Kabupaten telah berhasil mendapatkan banyak prestasi. Banyaknya keberhasilan dan prestasi yang dicapai mirip sekali dengan keberhasilan yang kemudian dicapai oleh Muhammad Al Fatih dalam penaklukannya. Keberhasilan-keberhasilan mereka tentu tidak terlepas dari peran serta seluruh elemen yang telah berhasil menciptakan lingkungan yang kondusif dan memungkinkan untuk santri-santri bisa berkembang. Setiap orang memberikan peranan masing-masing dalam pendidikan dan keberhasilan seorang santri. Hanya saja mungkin masing-masing ada yang peranannya terlihat dan ada yang tidak terlihat.

Syair dalam kitab Ta’limul muta’allim menyebutkan, “likullin ila sya’wil ‘ula harokaatun, walaakin ‘aziz firrihaali tsabaatun” (Setiap orang berupaya menggapai keluhuran, tetapi jarang yang memiliki ketegaran).

Keberhasilan datang sesuai kadar tekad yang dimiliki, dan kebaikan datang sesuai kadar kemuliaan. Pencapaian kecil dianggap besar oleh orang yang bertekad kecil, sedangkan orang yang bertekad besar menganggap kecil pencapaian yang besar. (Abu Al Tayyib)

Semoga keberhasilan-keberhasilan ini bisa terus eksis dan disusul dengan kebersihan-keberhasilan yang lain di berbagai macam bidang. Menjadikan Pondok Pesantren Al Islam jauh lebih maju jauh lebih berkembang dan jauh lebih dikenal sehingga kemanfaatannya bisa lebih luas dan lebih meluas lagi. Aamiin

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*