Di Balik Do’a, “Mugo-mugo Gedung Darurate Terus Nambah”

Pondok Pesantren Al Islam Joresan adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang terletak di desa Joresan, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Sebagai sebuah pondok pesantren yang memiliki sejarah panjang, Al Islam Joresan memiliki tujuan untuk terus berkembang dan memajukan kualitas pendidikan Islam di wilayah sekitarnya.

Salah satu ungkapan doa yang sering terucap di lingkungan Pondok Pesantren Al Islam Joresan adalah “mugo² gedung darurate terus nambah”, yang artinya semoga gedung daruratnya terus bertambah. Ungkapan ini merupakan harapan dan doa agar Pondok Pesantren Al Islam Joresan terus berkembang dan memperluas ruang lingkup pendidikan yang ada.

Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan akan pendidikan yang semakin meningkat, Pondok Pesantren Al Islam Joresan juga terus berupaya untuk mengikuti dan menjawab kebutuhan tersebut. Salah satu PR (problem solving) yang sedang dihadapi saat ini adalah kebutuhan akan perluasan tanah pondok. Hal ini dikarenakan beberapa ruang kelas masih memanfaatkan tanah dan rumah penduduk sebagai tempat belajar mengajar.

Namun, jika ada yang bertanya mengapa Pondok Pesantren Al Islam Joresan tidak berada dalam satu kompleks, jawabannya adalah karena pondok ini dulunya tidak memiliki blue print atau rencana awal sebagai sebuah pondok yang terencana. Pada awalnya, Pondok Pesantren Al Islam Joresan hanya berupa madrasah yang dimaksudkan untuk membantu pendidikan masyarakat saat itu. Seiring dengan berjalannya waktu, Pondok Pesantren Al Islam Joresan semakin berkembang dan memperluas kegiatannya.

Dalam usahanya untuk terus berkembang, Pondok Pesantren Al Islam Joresan juga terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada. Hal ini dilakukan melalui berbagai kegiatan dan program yang diselenggarakan, seperti pengembangan kurikulum, pelatihan guru, dan berbagai kegiatan santri, bakti sosial dan lainnya.

BACA JUGA  From Zero To Hero Menuju Harlah Al Islam Ke-57

Melalui doa “mugo² gedung darurate terus nambah”, Pondok Pesantren Al Islam Joresan berharap agar lembaga ini terus berkembang dan memberikan manfaat yang semakin besar bagi masyarakat sekitar. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Pondok Pesantren Al Islam Joresan juga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, baik dalam bentuk materi maupun non-materi. Dengan dukungan yang kuat, Pondok Pesantren Al Islam Joresan yakin dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar dan umat Islam secara lebih luas.

Doa “mugo² gedung darurate terus nambah” yang sering terucap di lingkungan Pondok Pesantren Al Islam Joresan bukan hanya sekadar ungkapan harapan semata, tetapi juga mengindikasikan bahwa lembaga ini terus berkembang dan semakin diminati oleh masyarakat sekitar. Dalam beberapa tahun terakhir, Pondok Pesantren Al Islam Joresan telah berhasil menarik perhatian masyarakat dan calon santri dari berbagai wilayah di Indonesia. Data menyebutkan bahwa penerimaan santri baru tahun 2022 bahwa daerah asal santri tak kurang dari 24 provinsi.

Dikenalnya Pondok Pesantren Al Islam Joresan ini tidak lepas dari berbagai faktor, seperti kualitas pendidikan yang baik, program keagamaan yang beragam dan menarik, serta pelayanan serta ikhtiar terbaikdari seluruh elemen di lembaga ini. Dalam lingkungan yang kondusif ini, santri dapat belajar dan beribadah dengan tenang, serta terus mengembangkan potensi diri mereka.

Namun, dengan semakin banyaknya calon santri yang ingin bergabung dengan Pondok Pesantren Al Islam Joresan, maka kebutuhan akan perluasan tanah menjadi semakin mendesak. Hal ini juga menunjukkan bahwa dukungan masyarakat sekitar dan para alumni Pondok Pesantren Al Islam Joresan dapat menunjang dan mendukung kemajuan serta peningkatan keberadaan lembaga ini.

BACA JUGA  Tradisi Al Islam Yang Jadi Keunggulan

Dukungan dari masyarakat dan para alumni sangat penting terutama dalam upaya perluasan tanah Pondok Pesantren Al Islam Joresan. Selain dukungan finansial, dukungan dalam bentuk moril dan non-materi juga sangat dibutuhkan, seperti dukungan dalam bentuk promosi dan penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas.

Akhirnya, doa “mugo² gedung darurate terus nambah” yang sering terucap di lingkungan Pondok Pesantren Al Islam Joresan bukan hanya sekadar harapan, tetapi juga mengindikasikan bahwa lembaga ini atas izin Allah juga terus berkembang dan semakin diminati oleh masyarakat sekitar. Namun, dukungan dari masyarakat dan para alumni sangat dibutuhkan dalam upaya perluasan tanah Pondok Pesantren Al Islam Joresan agar lembaga ini dapat terus memberikan manfaat yang semakin besar bagi masyarakat sekitar dan umat Islam secara lebih luas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*